ROTI ISI
(SANDWICH)
DISUSUN OLEH:
1. ALISHA AURELIA (20219543)
2. AUDINA MAHARANI (21219156)
3. DITIA KHAIRUNNISA (21219889)
4. FADIA FAUZIA (22219125)
5.
SYIFA KHAIRUNISA (26219254)
6. TAZKIA NUR RAHMA (26219304)
UNIVERSITAS GUNADARMA
JL. KH. NOER ALI, JAKASAMPURNA-BEKASI 17145
Telp (021) 78881112
2019/2020
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi kami
kesempatan serta kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini sesuai
dengan waktu yang di tentukan sehingga kami mampu untuk menyelesaikan pembuatan
makalah sebagai tugas kami pada mata kuliah Pengantar Bisnis.
Kami selaku penulis tentu menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta
kekurangan. Untuk itu, kami mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk
makalah ini, agar makalah ini nantinya bisa menjadi makalah yang lebih baik
lagi. Demikian, apabila ada kesalahan pada makalah ini kami mohon maaf yang
sebesar-besarnya.
Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen
Pengantar Bisnis yaitu Ibu Wiarsih Febriani yang telah membimbing kami.
Demikian, semoga proposal ini bermanfaat. Terima kasih.
Bekasi, 16 Januari 2020
Penulis
DAFTAR ISI
JUDUL.............................................................................
i
KATA PENGANTAR...................................................
ii
DAFTAR ISI...................................................................
iii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang..............................................................4
1.2. Visi Misi.......................................................................
5
1.3. Manfaat.........................................................................
5
1.4. Profil Organisasi...........................................................
5
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1. Produk...........................................................................
6
2.2. Proses dan Harga...........................................................
6-8
BAB 3 ANALISIS
3.1. Analisis SWOT..............................................................
9
BAB 4 STRATEGI
PEMASARAN
4.1. Analisis Pasar................................................................
10
4.2. Strategi Pemasaran........................................................
11
BAB 5 PENUTUP
5.1. Kesimpulan...................................................................
12
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada zaman globalisasi variasi makanan sudah beragam
bentuk dan harga, dari yang bentuk kecil hingga yang besar dan dari harga yang
murah hingga yang mahal. Apalagi di zaman sekarang masyarakat tidak ingin rugi,
masyarakat menginginkan makanan yang kenyang enak dan harganya terjangkau.
Salah satu makanan yang kenyang, enak dan harganya
terjangkau adalah roti isi (sandwich). Walaupun roti isi (sandwich) makanan
yang sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan utama bagi masyarakat.
Dalam pembuatan roti isi (sandwich) dilakukan dengan cara yang sangat
sederhana, tetapi lebih higenis serta akan dijual dengan harga yang sangat
terjangkau. Maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk
membelinya.
Keberadaan roti isi (sandwich) sebagai dalah satu
makanan dengan rasa yang enak, nikmat, pedas, gurih, mengandung protein dan
juga lezat. Apalagi roti isi (sandwich) juga memiliki variasi isian yang
beragam tidak hanya roti dengan mentega saja. Sehingga usaha ini memang layak
dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.
Dengan melihat kelebihan hal tersebut diatas, maka
kami ingin membuat usaha makanan yaitu makanan “ROTI ISI (SANDWICH)”.
1.2.
Visi Misi
Visi
Mempraktikan ilmu
kewirausahaan, mengasah kreativitas dan mempopulerkan produk dengan memberi
inovasi baru.
Misi
1. Membuat proposal usaha
2. Mempresentasikan
dengan dosen kewirausahaan (bisnis)
3. Membuat teaster
sebagai bahan percobaan dikalangan masyarakat
1.3. Manfaat
1. Menggali bakat dalam hal berbisnis
2.
Memenuhi kebutuhan konsumen
3.
Memperoleh keuntungan
4. Memberikan sarapan praktis dan bergizi bagi masyarakat
5.
Menambah relasi di lingkungan kampus
1.4. Profil Organisasi
Nama Usaha : Sandwich Kekinian
Jenis : Makanan berat
Bentuk : Bergerak dalam bidang perdagangan yang bentuk
kegiatan usahanya dilakukan secara berkelompok
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1. Produk
Sandwich Kekinian adalah brand dari kegiatan usaha
kami, karena bahan bakunya adalah roti. Namun kami ingin mengembangkan kembali
dengan cara memberikan kreatifitas bentuk, rasa dan harga yang menarik tanpa
mengurangi isi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sehingga sandwich dapat
terus berkembang seiring zamannya dengan beragam variasi isian. Sandwich banyak
mengandung nutrisi yang sehat dan berigizi di setiap varian isinya. Sehingga
makanan ini dapat di konsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga
orang lanjut usia.
2.2. Proses dan Harga
Bahan
Sandwich :
a. Roti Tawar d.
Sosis
b. Daging e.
Sayuran
c. Margarin, lelehkan f.
Telur Goreng
Bahan
Olesan :
a. Keju parut
b. Saus cabai/saus tomat
c. Mayonnaise
d. Peterseli cincang
Cara
Membuat :
1. Pertama Campur bahan olesan, oleskan di permukaan
roti.
2. Letakkan bahan sandwich (daging, sosis, telur dan
sayuran) di atasnya, satukan kedua sudut roti, beri semat supaya tidak terbuka.
3. Kemudian Letakkan semua di loyang yang di olesi
margarin, olesi permukaannya dengan mentega/margarin.
4. Panggang sampai roti kering (jika ingin dipanggang)
5. Sajikan selagi masih hangat (jika dipanggang) dan
jangan lupa lengkapi kemasan yang cantik.
BAB 3
ANALISIS
3.1.
Analisis SWOT
a.
Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah :
-
Menjual
produk untuk semua kalangan masyrakat
- 1
(satu) produk terdiri dari beraneka ragam isi, rasa dan bentuk
-
Bahan
produk yang terjamin dan higienis
b.
Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah :
-
Produknya
mudah ditiru
-
Tidak
tahan lama
c.
Opportunities (Peluang)
Peluang dari produk ini adalah :
-
Jenis
makanan yang sangat digemari oleh masyarakat
-
Jenis
makanan yang cukup untuk mengisi perut dengan harga yang terjangkau
d. Threath (Ancaman)
Ancaman dari produk ini adalah :
-
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
BAB 4
STRATEGI PEMASARAN
4.1.
Analisis Pasar
Dalam hal ini kami akan memasarkan produk tester oleh
rekan sesama kuliah. Kemudian, akan melakukan penjualan langsung kepada
masyarakat. Lalu, bekerja sama dengan warung pinggiran (toko kue) dengan cara
menitipkan produk makanan kami kepadanya dan menjual secara online (toko online) untuk
mencapai omset yang lebih. Serta memanfaatkan jejaring sosial seperti BBM,
Twitter, Facebook, Instagram dll. Cara ini diharapkan mampu mempolerkan produk
kami.
4.2.
Strategi Pemasaran
Untuk strategi pemasaran Sandwich Kekinian ini
menggunakan strategi 4P, yaitu:
a. Product
(Produk)
Produk yang ditawarkan menggunakan berbagai varian isi
, disamping itu makanan ini juga lezat dan modern serta kualitas nomor 1 baik
dalam kesehatan maupun kebersihan.
b.Price (Harga)
Harga dari makanan ini relative terjangkau oleh semua
kalangan, sesuai dengan isi dan toping yang tersedia.
c.
Place (Tempat)
Lokasi pertama untuk menjual makanan ini adalah
lingkungan kampus. Selain itu makanan ini menggunakan sistem order.
d. Promotion
(Promosi)
Dengan promosi dari mulut ke mulut atau dari rekan ke
rekan, kami yakin produk ini akan cepat mendapat tanggapan positif. Apalagi
ditambah menggunakan media sosial dan tidak lupa dengan pelayanan yang ramah,
kami akan mendapatkan pelanggan yang setia
BAB 5
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Usaha Sandwich ini merupakan usaha makanan yang
menjanjikan omset yang cukup tinggi. Namun, kami harus tetap memperhatikan
kuliatas agar tidak mengecewakan para konsumen. Kami juga harus memiliki SWOT
yang kuat dan harus mampu menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya agar
lebih baik dan lancar. Tidak lupa untuk menyiapkan atau membuat planning (rencana) yang
maksimal agar meminimalisir kegagalan usaha di tengah-tengah jalan dan supaya
usaha berkembang dengan cepat.Terakhir, harus selalu menerima setiap kritikan
dari para konsumen dan selalu berinovasi dalam produksinya.
This has been an extremely wonderful article.
ReplyDeleteThank you for providing this information...
Visit Us
Bermanfaat kak artikelnya, bisa buat referensi.
ReplyDeleteTerimakasih.
Bermanfaat kak artikelnya, bisa دانلود آهنگ buat referensi.
ReplyDeleteTerimakasih.